Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

SPACE FRAME ARSITEKTUR



Space frame merupakansalahsaturangka trussed system yang berupatiga dimensional (3D) danhanyamencakupduaarahgayayaitugayatekandantarik.
Istilahdari kata frame (rangka)
dimaksudkan untuksuatustrukturdenganmenggunakanhubungan yang kaku, space frame yang biasadigunakantermasukhubunganpinned and rigid (jepitdankaku).
Kebanyakan space frame terdiridarimodul yang berulang, identical, denganhubungan yang berlapiskeatasdankebawah (yang sesuaidenganchord of trusses).
Space frame bisadigunakandalamberbagaimacamkonfigurasi, termasukdindingdanatap miring ataupunataplengkung


Space frame merupakan struktur yang aman dan efisien dimana muatan/beban nya di pikul oleh setiap batang dengan proporsi kekuatan masing-masing. Beban yang diterima akan di salurkan dari rute yang paling kaku ke berbagai pemikul (supports). Namun kebanyakan beban tsb menyimpang ke batang yang lebih fleksibel.
Kestabilan space frame tidak terpengaruh secara signifikan oleh perpindhan dari beberapa batang. Hal ini merupakan alasan mengapa space frame secara komparatif lebih stabil dan aman meskipun ketika overloaded

macam-macam space frame




HUBUNGAN (CONNECTION)
Hubungan antar batang dari space frame sangat kompleks. Untuk bentang pendek, nodes (simpul) ditempel di plat baja dan dibaut di ujung batang. Untuk bentang lebar, sistem Mero-type dengan batang tubular yang di sekrup ke dalam bola simpul yang solid lebih umum digunakan. Dengan catatan lebar bentang lebih dari 200m

Space Frame Connection:




PENDUKUNG/PEMIKUL (SUPPORT)
Space frame memerlukan paling tidak 3 penahan/pemikul agar stabil, meskipun kebanyakan menggunakan setidaknya 5 penahan. Secara garis besar, semakin banyak penahan nya, semakin efisien struktur nya.

Contoh

Heydar Aliyev Center



 
Copyright © -2012 ARCHITECTURE DAN KOTA All Rights Reserved | Template Design by ARCHITECTURE DAN KOTA |